-->

Alasan menolak Root Android

Di android  tentu dengan  jelas mengetahui apa itu Root dan negeroot. Do dunia sudah banyak sekali tips maupun tutorial root untuk berbagai ponsel pintar dengan berbagai brand. Fungsi root memang sangat di butuhkan untuk mereka yang ingin memiliki akses penuh untuk perangkat androidnya.

Biasanya kebanyakan orang melakukan root adalah untuk mengganti Custom ROM atau juga menghapus aplikasi bawaan system yang memang tidak di pakai. Tetapi walaupun root memiliki banyak sekali fungsi banyak juga yang orang yang merasa takut melakukan root di perangkat androidnya, berikut ini  kami sudah merangkum Alasan menolak Root Android.
Alasan menolak Root Android
sumber gambar : amazonaws.com
Melakukan root memang akan berdampak pada perangkat itu, untuk anda yang penasaran Alasan menolak Root Android anda bisa menyimak beberapa poin berikut ini.

Berikut Alasan menolak Root Android    

  • Kehilangan garansi dari servise center

Kabanyakan pengguna gadget yang membeli gadget baru pasti akan mendapatkan garansi selama satu tahun, di perangkat androidpun bergitu. Tetapi untuk masalah root beberapa produsen akan secara otomatis menghilangkan garansi yag berlaku, entah asalan apa yang membuat demikian. Dan hal ini menjadi salah satu Alasan menolak Root Android.

Beberapa pihak menjelaskan melakukan root pada ponsel pintar maka akan secara otomatis menghanguskan garansi karena proses root tersebut telah memodifikasi software yang ada di perangkat tersebut.  Beberapa orang berpendapat di forum internet, untuk mengklaim garansi bisa melakukan unroot atau mengembalikan seperti semula.

Tetapi hal itu di patahkan karena saar ini beberapa produsen ponsel pintar memiliki alat dan cara khusus untuk mendeteksi apakah ponsel pernah di root atau belum. Salah satunya Samsung yang sudah menanamkan di dalam bootloader yang ebrisikan informasi root, hal ini sangat mustahil untuk di hilangkan. Maka dari itu sebelum melakukan root silahkan piker dua kali dulu. di-unroot. Jadi, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum me-root smartphone baru Anda.

  • Untuk pemula root sangat berbahaya

Untuk anda pemula di android melakukan root bisa di katakana susah dan juga biasanya menyerah untuk melakukan hal itu, tetapi untuk yang sudah master melakukan root sangatlah gampang.  Masalah rootpun tidak hanya berhenti di proses yang gagal tetapi juga akan berdampak pada perangkat android yang mengalami kerusakan salah satunya bricked atau bahkan mati total atau matot.

  • Tidak bisa Update OS Android

Tidak hanya masalah software setelah proses  rooting  maka perangkat android tidak akan bisa mendapatkan pembaruan system operasi android terbaru lewat ota atau juga secara manual, kasus ini terjadi pada perangkat xiaomi dan juga asus.

  • Masalah keamanan

Karena proses root di android secara otomatis membuka system maka maka untuk malasah kemanan pun ikut terbuka, hal ini memudahkan malware dan juga virus untuk mudah memasuki system yang kemudian merusak system yang ada di android tersebut. Saat ini sudah banyak malware yang di temukan di OS android, mulai dari malware yang merusak hingga hanya mencuri data pengguna.
ROM bawaan ponsel pintar yang semakin baik

Saat ini memang sudah banyak sekali custom rom atau rom pihak ketiga yang beredar di internet untuk setiap perangkat, tetapi saat ini ROM bawaan perangkat saat ini sudah banyak sekali mengalami perbaikan dari berbagai sector. Hal ini pun bisa menjadi pertimbangan Alasan menolak Root Android    
Masih banyak sekali Alasan menolak Root Android, anda bisa melihat postingan kami sebelumnya yang berisikan tentang resiko root di android, disana menjelaskan keuntungan dan juga kelemahan dari root itu sendiri. Semoga bermanfaat

    BERIKAN KOMENTAR ()